CATERING MASAKAN BETAWI

Makanan Khas Jakarta / Betawi

1.Dodol Betawi
Makanan khas Jakarta yang sekaligus sebagai makanan khas Betawi pertama adalah dodol betawi. Dahulu dodol betawi biasa ditemukan pada saat bulan Ramadhan saja karena memang peminatnya pada saat itu banyak di bulan Ramadhan. Namun saat ini dodol Betawi ada di waktu kapanpun, jadi kalau sobat mau mencari oleh oleh khas Jakarta yang asli banget, kami rekomendasikan dodol Betawi ini. Dodol Betawi masih dibuat dengan cara yang tradisional dengan tungku kayu bakar dan pemrosesannya pun cukup lama. Adonan harus terus dipanaskan di atas bara api sambil terus diaduk aduk kurang lebih 5 sampai 8 jam. Dodol betawi adalah jajanan khas Betawi seperti dodol pada umumnya bertekstur lembut dan kenyal serta rasanya manis.

2.Es Selendang Mayang
Jakarta juga punya minuman khas yang tidak kalah dengan wedang ronde dari Jawa Barat ataupun es pisang Ijo dari Makassar. Nama minuman khas Jakarta ini adalah es selendang mayang. Es selendang mayang menampilkan minuman yang kaya rasa sekaligus kaya warna. Dulu, es Selendang Mayang adalah minuman yang disajikan pada acara acara besar, namun keberadaannya sekarang agak sulit ditemui, mungkin kalah dengan minumen modern lainnya. Bagi yang mencoba es selendang mayang, bisa datang ke Kota Tua Jakarta, disana dapat ditemukan penjual es selendang mayang.

3.Kerak Telor
Kerak telor adalah makanan khas Jakarta yang juga makanan khas Betawi yang wajib sobat rasakan kelezatannya jika datang ke Jakarta. Kalau belum mencoba kerak telor, berarti sobat belum pernah datang ke Jakarta. Penjual kerak telor seringkali ditemui pada tempat wisata di Jakarta atau pada event besar di Jakarta. Apalagi saat ada pagelaran Pekan Raya Jakarta, dipastikan penjual kerak telor pasti nongkrong disitu. Penjual kerak telor juga sangat khas, meskipun sekarang tersedia bermacam macam kendaraan baik sepeda atau sepeda motor, penjual kerak telor masih setia dengan pikulannya untuk membawa dagangannya.

Kerak telor adalah masakan khas Jakarta yang terbuat dari beras ketan yang dibuat kerak dengan sebelumnya dicampur terlebih dahulu dengan telor. Pembeli kerak telor akan langsung melihat cara pembuatanya dan dapat memilih dengan telor ayam atau telor bebek. Selain dengan beras dan telur, bahan lainnya yaitu taburan parutan kelapa kering (serundeng) yang memiliki rasa gurih dan lezat. Kerak telor paling enak kalau dinikmati dalam keadaan panas.

4.Soto Betawi
Makanan khas Jakarta selanjutnya adalah Soto Betawi. Makanan ini juga merupakan makanan khas Betawi. Seperti halnya kerak telor, soto Betawi menjadi kuliner khas Jakarta yang populer. Apalagi soto Betawi juga banyak ditemui di luar Jakarta, berbeda dengan kerak telor yang hanya ada di Jakarta. Bahan utama soto betawi adalah daging sapi yang dicampur dengan berbagai bahan lain sehingga menjadi sajian yang lezat. Masakan khas Jakarta ini biasanya disajikan dengan kuah kuning ataupun kuah putih. Soto betawi sangat lezat jika disantap saat panas, apalag jika ditambah dengan sepiring nasi, pasti menjadi tambah nikmat dan mengenyangkan.

5.Nasi Uduk
Nasi uduk pasti sudah menjadi menu favorit para pekerja di Jakarta. Tidak hanya pekerja, anak sekolah, Ibu-Ibu atau Bapak-Bapak, semuanya suka dengan nasi uduk. Pada pagi hari banyak ditemui pedagang nasi uduk baik di jalan-jalan besar bahkan sampai di dalam gang juga banyak ditemui penjual nasi uduk. Mungkin nasi uduk menjadi menu sarapan wajib pagi warga di Jakarta. Meskipun makanan khas Jakarta ini terbilang sederhana, isinya saja hanya nasi, mie bihun, orek tempe kerupuk, namun mampu menggoda selera banyak orang. Jika pembeli mau menambahkan lauk lain seperti telor atau gorengan juga bisa. Satu porsi nasi uduk dijual sangat murah, di Jakarta masih ada yang menjual seporsi nasi uduk seharga Rp 5.000. Murah banget kan masakan khas Jakarta ini. Oya, nasi uduk juga menjadi salah satu makanan khas Betawi selain Jakarta tentunya.

6.Lontong Sayur
Lontong sayur menjadi makanan khas Jakarta yang kami rekomendasikan untuk sobat. Masakan khas Jakarta ini juga banyak ditemukan di pagi pas orang mulai melakukan aktivitasnya. Sehingga warga Jakarta bisa memilih makanan untuk sarapan, apakah nasi uduk atau lontong sayur. Lontong sayur terdiri dari lontong/ ketupat yang dipotong-potong, ditambahkan dengan sayuran berkuah kuning (dari santan), sayuranya biasa adalah berupa labuh siam. Sobat juga bisa menambahkan telur rebus didalamnya. Semakin nikmat dan harum diatas sajian lontong sayur, ditaburi dengan bawang goreng. Kuliner Jakarta ini memang pas sekali disantap di pagi hari, saat udara masih dingin dan badan masih butuh makanan.

7.Semur Jengkol
Bagi sebagian orang, jengkol adalah makanan yang menjijikan biasanya karena baunya yang khas dan menyengat. Namun bagi sebagian yang lain, jengkol menjadi menu favorit yang enak dan lezat. Jengkol juga menjadi bahan utama untuk membuat makanan khas Jakarta satu ini yaitu semur jengkol. Semur jengkol dibuat dari jengkol tua yang telah direbus, kemudian diolah lagi menggunakan bumbu tertentu dan terdapat kuah dari santan kelapa yang kental. Rasanya perpaduan antara manis dan asin serta gurihnya khas jengkol. Pasti kalau sobat mencoba makanan khas Betawi ini akan suka.

8.Nasi Kebuli
Nasi kebuli adalah makanan khas Jakarta sekaligus sebagai makanan Khas Betawi yang banyak ditemui pada acara yang berkaitan dengan keagamaan seperti syukuran, pengajian dan lain-lain. Bagi masyarakat Betawi, nasi kebuli adalah makanan yang sangat penting biasanya disantap pada saat lebaran, maulidan, atau pas idul kurban. Nasi kebuli memiliki cita rasa yang khas karena dibuat dengan campuran bahan makanan pilihan seperti adanya kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin. Biasanya nasi kebuli disajikan bersama dengan daging kambing, cocok bagi sobat yang menyukai makanan olahan daging kambing.

9.Bir Pletok
Meskipun namanya bir, namun minuman khas Betawi ini tidak memabukan malah menyehatkan. Kita lihat saja dari apa bir pletok dibuat. Bir pletok dibuat dari bahan-bahan asli dan alami seperti jahe, serai, daun pandan wangi dan sebagai pewangi ditambah dengan kayu secang. Adanya kayu secang selain membuat wangi juga akan membuat warna merah alami pada bir pletok. Mau menikmati kuliner Jakarta yang enak dan menyahatkan? Ya minum bir pletok ini, pasti sehat dan kuat.

10.Roti Buaya
Makanan khas Betawi ini cocok juga untuk dimasukan sebagai makanan khas Jakarta, karena hanya ada di Jakarta. Roti buaya namanya, roti yang rasanya manis dan bentuknya mirip sekali dengan buaya namun kecil biasanya digunakan sebagai pada upacara pernikahan maupun upacara lainnya yang diadakan oleh masyarakat Betawi. Meskipun begitu, banyak juga penjual roti yang menjajakan roti buaya.

11.Kue Kembang Goyang
Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi. Penamaan kembang goyang dari bentuk kuenya yang hampir menyerupai kelopak bunga atau kembang sedangkan dalam pembuatannya dengan cara digoyang-goyang digoyang-goyang sampai terlepas dari cetakan. Bahan utamanya adalah tepung beras yang dicampur dengan bahan lain seperti gula. Saat ini kue kembang goyang sudah mengalami modifikasi, yang dulunya hanya ada satu macam rasa, sekarang sudah banyak rasa dan warna.

 

Trending Now : Pecel Madiun di Pondok Gede, Enak dan Lezat